No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah kamu sangat
senang selama belajar di Gunadarma
|
||
2.
|
Bagaimana keinginan
kamu untuk meraih hasil belajar terbaik di Gunadarma
|
||
3.
|
Apakah kamu yakin
bahwa selama belajar di Gunadarma bisa meraih prestasi yang baik
|
||
4.
|
Apakah kamu
mengalami kesulitan belajar di Gunadarma
|
||
5.
|
Apakah kamu selalu
menjawab pertanyaan dengan benar
|
||
6.
|
Apakah kamu selalu
siap dalam menerima pelajaran
|
||
7.
|
Apakah kamu selalu
menyempatkan sarapan pagi sebagai penambah stamina agar dalam proses belajar
mengajar menjadi lancar
|
||
8.
|
Untuk mengejar ketertinggalan
selama tidak masuk kuliahkarena sakit, apakah kamu selalu meminjam catatan
kepada teman mengenai materi pelajaran yang telah diberikan olehdosen
|
||
9.
|
Apakah kamu selalu
mengikuti mata pelajaran dengan kondisi yang terpaksa
|
||
10.
|
Apakah cuaca yang
panas sering mengganggu proses pembelajaran didalam kelas
|
||
11.
|
Apakah kondisi
kelas kamu selalu nyaman digunakan dalam proses pembelajaran
|
||
12.
|
Apakah dikelas kamu
banyak dipasang semboyan-semboyan yang dapat memotivasi kamu dalam belajar
|
||
13.
|
Apakah kamu sering
terganggu dengan kegaduhan teman didalam kelas pada saat proses belajar
mengajar
|
||
14.
|
Apakah dosen-dosen kamu
selalu memotivasi sehingga memberi rasa percaya diri
|
||
15.
|
Apakah orang tua
kamu selalu memberikan kesempatan untuk mengaktualisasi diri dalam belajar
|
||
16.
|
Dengan mengikuti
ekstrakurikuler di kampus, apakah kegiatan itu sangat mempengaruhi belajar
kamu
|
||
17.
|
Apakah kamu merasa
jelas dengan metode pembelajaran yang diajarkan oleh dosenmu
|
||
18.
|
Apakah dosen kamu
selalu memberikan tugas rumah
|
||
19.
|
Apakah dosen kamu
selalu memberikan motivasi belajar disela-sela proses pembelajaran
|
||
20.
|
Apakah kamu selalu
mempergunakan kesempatan untuk bertanya kepada dosen
|
||
21.
|
Apakah kamu selalu
mengungkapkan pendapat dengan baik
|
||
22.
|
Apakah kamu selalu
mampu menerima semua informasi daridosen
|
||
23.
|
Apakah kamu selalu
berpikir jernih setiap menghadapi permasalahan
|
||
24.
|
Apakah kamu selalu
mendapatkan ide setelah mendapatkan materi baru
|
||
25.
|
Apakah
kamu selalu bisa memahami setiap materi yang telah dipelajari
|
||
26.
|
Apakah kamu selalu
ingat tentang materi pelajaran yang telah diajarkan
|
||
27.
|
Apakah kamu selalu
cepat dalam menjawab pertanyaan
|
||
28.
|
Apakah kamu selalu
melakukannya dengan reflek apabiladosen menyuruh mengerjakan tugas dipapan tulis
|
||
29.
|
Jika nilai kamu
jelek,apakah kamu selalu ingin memperbaikinya
|
||
30.
|
Apakah kamu selalu
merayakan setiap mendapat nilai yang bagus
|
A. Populasi Penelitian
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian (Arikunto,1998:115).
Disamping itu juga dapat diartikan populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit
analisa yang ciri-cirinya dapat diduga.Dalam penelitian ini populasinya adalah
seluruh mahasiswa jurusan teknik industry angkatan 2011 yang ada pada Universitas
Gunadarma Bekasi.
B. Sampel Penelitian
Sampel adalah sebagian
wakil dari populasi yang diteliti (Arikunto ,1998:117). Sedangkan Sutrisno
Hadi(1998:221) Berpendapat bahwa sampel adalah sejumlah penduduk yang jumlahnya
kurang dari populasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
adalah Random sampling (undian) karena setiap anggota populasi
yang ada didalam sampling framebersangkutan merupakan hak yang sama
besar untuk dipilih menjadi anggota sampel (Suharsimi Arikunto,1997:111-114).
Penentuan sampel pada dasarnya tidak ada yang mutlak untuk menentukan beberapa
persen sampel dari populasi yang akan diambil. Sampel penelitian ini terdiri
dari dua variabel yaitu variabel bebas (x) dan variabel terkait (y).
C. Variabel
penelitian
a. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi terhadap suatu
gejala. variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dengan
indikator sebagai berikut:
1.cita-cita/aspirasi
siswa
2.kemampuan siswa
3.kondisi jasmani dan
rohani siswa
4.kondisi lingkungan
kelas
5.unsur-unsur dinamis
belajar
6.upaya guru
membelajarkan siswa
b. Variabel terkait (y) adalah variabel yang di pengaruhi oleh suatu
gejala. Variabel terkait ini adalah hasil belajar dengan indikator sebagai
berikut:
1. Informasi verbal
2. Keterampilan intelek
3. Strategi kognitif
4. Keterampilan motorik
5. Sikap
D. Teknik pengumpulan Data
Dalam
penelitian ini pengumpulan data dengan menggunakan alat pengumpulan data yang
sesuai dengan masalah yang ditelieti. Dalam penelitian ini metode yang
digunakan yaitu:
1. Metode angket atau kusioner
Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh
informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal
yang ia ketahui (Suharsimi Arikunto,1998:140).
Setelah angket dipersiapkan sebagai instrumen
penenelitian, selanjutnya dibagikan kepada responden untuk diuji cobakan.
Kemudian peneliti menyebarkan angket tersebut kepada sampel penelitian
(responden) sebanyak 50 mahasiswa. Penyebaran angket, setelah diketahui jumlah
populasi yang terdiri 120 mahasiswa dari Jurusan Teknik Industrki Gunadarma
Angkatan 2011, maka angket disebarkan kepada 50 mahasiswa untuk dialakukan
penelitian. Penyebaran angket dilakukan selama dua hari, pada saat
jam istirahat.
E. Kesimpulan
1. Motivasi belajar mahasiswa Teknik Industri
Gunadarma Angkatan 2011 yang terdiri dari cita-cita/aspirasi, kemampuan siswa,
kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis
dalam belajar dan upaya dosen dalam membelajarkan mahasiswa sedangkan hasil
belajar mahasiswa meliputi informasi verbal, keterampilan intelek, strategi
kognitif,keterampilan motorik dan sikap.
2. Secara nyata motivasi belajar berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma
Angkatan 2011, terbukti dengan adanya pengambilan data dengan cara angket.
3. Besarnya pengaruh motivasi belajar
terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011 sebesar
30% sedangkan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Sumber:
http://kelompok16bgr.wordpress.com/pengaruh-motivasi-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-iv- sdn-waru-05-kecamatan-parung-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar